Tutup

INDIKATOR KINERJA UTAMA
DINAS SOSIAL



No Kode Sasaran Renstra Kode Indikator Indikator Satuan Formulasi Unit Penanggung Jawab
1 8.1.1 Meningkatnya ketahanan sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial  
  8.1.1.1 Persentase PMKS yang memiliki ketahanan sosial persen

PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya(jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar. atau sekarang dikenal dengan istilah PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) dimana sasaran ini menyasar kelompok rentan seperti Lanjut usia (Lansia), Disabilitas,kelompok anak, serta Wanita Rawan Sosial Ekonomi, metode perhitungannya menggunakan rumus jumlah Masyarakat yang ditangani dibagi Total Populasi jumlah Masyarakat yang seharusnya ditangani dalam 1 (satu ) tahun dikali 100%

                                                                              Jumlah Masyarakat Rentan yg ditangani dalam Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial

Persentase PMKS memiliki ketahanan Sosial =  ......................................................................................................................................x 100%

                                                                                                        Total jumlah Masyarakat Rentan yang seharusnya ditangani dalam 1 tahun

Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial
2 8.1.2 Meningkatnya ketahanan sosial masyarakat miskin potensial  
  8.1.2.1 Persentase masyarakat miskin potensi yang memiliki ketahanan sosial persen

Sasaran strategis ini menyasar kelompok masayarakat PMKS/PPKS yang emiliki potensi dan layak diintervensi dengan usaha/ usaha pemberdayaan

dan dengan usaha ekonomi produktif yang sifatnya bantuan stimulan,. saran ini sebelumnya juga menyasar Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) 

seperti Karang Taruna, ORSOS dan Lembaga Sosial yang ikut mendukung usaha-uaha kesejahteraan Sosial


    Jumlah Warga Miskin Potensial yg difasilitasi

=  ..........................................................................x 100%

    Jumlah Total Warga Miskin yg Potensial yang

             Potensial yg seharusnya ditangani


Bidang Pemberdayaan Sosial dan FM dan Kelembagaan Sosial
3 8.1.3 Meningkatnya ketahanan sosial PMKS Non Potensial dan Masyarakat Korban Bencana  
  8.1.3.1 Persentase PMKS Non Potensial dan Masyarakat Korban Bencana yang memiliki ketahanan sosial persen

sasaran strategis ini menyasar warga masyarakat Penerima Bantuan Sosial khusunya yang dilaksanakan oleh Kementrian Sosial RI di Daerah diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta pelaksanaan pemutakhiran Data Kesejahteraan Sosial atau (DTKS), capaian pada sasaran ini juga mencakup Bantuan Logistik Kebencanaan baik Bantuan Sosial bagi Korban Bencana Alam maupun Bencana Sosial

 = Jumlah Warga Miskin yang menerima Perlindungan dan Jaminan Sosial      
     
     
              X100%
   
Jumlah Total Warga Miskin yang seharusnya menerima Perlindungan dan Jaminan Sosial dalam 1 tahun      
     
     


Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial
4 8.2.1 Meningkatnya kualtias tata kelola taman makam pahlawan  
  8.2.1.1 Persentase kesiapan TMP dalam layanan kegiatan peringatn hari-hari besar nasional persen

Sasaran strategis yang mencakup Program Pengelolaan Taman Makam Pahlawan (TMP)

adalan Program pilihan  Non Prioritas dan cakupan kerjanya berupa Pengelolaan dan Pemeliharaan

Kondisi TMP Rea Timur dan Taman Korban 40.000 jiwa Galung Lombok


 = Jumlah Lembaga/Wahana Kesos yang dibina      
     
     
              X100%
   
Jumlah Total Jenis Lembaga Sosial yang seharusnya dibina dalam 1 tahun      
     
     
Bidang Pemberdayaan Sosial dan FM
5 8.2.2 Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan perangkat daerah  
  8.2.2.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat

Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan pengguna pelayanan publik dinas yang diperoleh dari

hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat pengguna layanan dinas dalam memperoleh pelayanan publik di lingkungan Dinas.

Sekretariat