Tutup

RENSTRA DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.3 Mengembangkan Infrastruktur Berkualitas dan Terintegrasi serta Berwawasan Lingkungan
Tujuan RPJMD :
1.3.2 Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup
1.3.2.1 Indeks kualitas lingkungan hidup angka 68,55 69,22 70,63 71,67 72,71
Sasaran RPJMD :
1.3.2.1 Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup
1.3.2.1.1 Indeks kualitas lingkungan hidup angka 68,55 69,22 70,63 71,67 72,71
Tujuan Renstra :
12.1 Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup
12.1.1 Indeks kualitas lingkungan hidup angka 68,55 69,22 70,63 71,67 72,71
Sasaran Renstra :
12.1.1 Meningkatnya kualitas kebersihan lingkungan perkotaan
12.1.1.1 Persentase sampah yang terkelola persen 43,76 52,87 61,98 71,09 80,20
Sasaran Program :
1.3.2.1.1 Meningkatnya kualitas kebersihan lingkungan perkotaan
1.3.2.1.1.1 Persentase sampah yang terkelola persen 61,98 71,09 61,98 71,09 80,20
Sasaran Kegiatan :
1.3.2.1.1.12.1 Meningkatnya kualitas tata kelola persampahan
1.3.2.1.1.12.1.1 Persentase timbulan sampah yang terkelola persen 91,09 94 97,03 98,14 99,04
1.3.2.1.1.12.1.2 Persentase Pengurangan Sampah persen 18 20 22 24 26
1.3.2.1.1.12.1.3 Persentase Penanganan Sampah persen 73,09 74 75,03 74,14 73,04
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.2.1.1.12.1.1 Berkurangnya Sampah Hasil Pembatasan, Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali Sampah
1.3.2.1.1.12.1.1.1 Jumlah Sampah yang Berhasil Dikurangi Melalui Pembatasan, Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali Sampah
1.3.2.1.1.12.1.2 Tertanganinya Sampah Perkotaan
1.3.2.1.1.12.1.2.1 Jumlah petugas kebersihan orang
1.3.2.1.1.12.1.2.2 Jumlah Armada Siap Operasi unit
1.3.2.1.1.12.1.2.3 Jumlah timbulan sampah yang tertangani ton
1.3.2.1.1.12.1.3 Meningkatnya Sarana dan Prasarana Persampahan
1.3.2.1.1.12.1.3.1 Jumlah Motor Sampah unit
1.3.2.1.1.12.1.3.2 Jumlah Gerobak Pilah unit
1.3.2.1.1.12.1.3.3 Jumlah Mesin Pencacah Organik unit
1.3.2.1.1.12.1.3.4 Jumlah Mesin Press Hidrolik unit
1.3.2.1.1.12.1.3.5 Jumlah Dump Truck unit
1.3.2.1.1.12.1.3.6 Jumlah Truck Arm Roll unit
1.3.2.1.1.12.1.3.7 Jumlah Kontainer unit
1.3.2.1.1.12.1.3.8 Jumlah PDU Sampah unit
1.3.2.1.1.12.1.3.9 Jumlah Rumah Kompos unit
12.1.2 Terkendalinya pencemaran lingkungan
12.1.2.1 Tingkat pencemaran lingkungan predikat Ringan Ringan Ringan Ringan Ringan
Sasaran Program :
1.3.2.1.2 Terkendalinya pencemaran lingkungan
1.3.2.1.2.1 Tingkat pencemaran predikat Ringan Ringan Ringan Ringan Ringan
Sasaran Kegiatan :
1.3.2.1.2.12.1 Terkendalinya Pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup
1.3.2.1.2.12.1.1 Persentase titik pantau tidak melampaui ambang batas baku mutu pencemaran persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.2.1.2.12.1.1 Terkendalinya Pencemaran Air, Udara, dan Tanah dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup
1.3.2.1.2.12.1.1.1 Jumlah Laporan Hasil Pra Asesment Laboratorium
1.3.2.1.2.12.1.1.2 Jumlah Laporan Hasil Pemantauan dan Pengawasan Usaha/Kegiatan Penghasil Limbah Berbahaya
1.3.2.1.2.12.1.1.3 Jumlah Laporan Hasil Pemantauan Terkait Pemeliharaan Lingkungan
1.3.2.1.2.12.1.1.4 Jumlah Usaha/Kegiatan Penghasil Limbah B3 Yang Terbina
1.3.2.1.2.12.1.1.5 Jumlah Pencemaran Air, Udara dan Tanah dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup yang Tertangani
1.3.2.1.2.12.1.1.6 Jumlah Permohonan Berkas Izin Usaha/Kegiatan Penghasil Limbah B3 Yang Telah Terverifikasi
1.3.2.1.2.12.1.2 Terkendalinya dampak Emisi Gas Rumah Kaca, Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim
1.3.2.1.2.12.1.2.1 Jumlah titik pantau adipura dan lokasi proklim
1.3.2.1.2.12.1.2.2 Jumlah Kantor/Sekolah yang mendapatkan Pembinaan dan Penilaian
1.3.2.1.2.12.1.2.3 Jumlah Informasi Kinerja Lingkungan hidup (DIKPLHD), KLHS, D3TLH yang disusun
1.3.2.1.2.12.1.2.4 Jumlah sengketa yang di tindaklanjuti
1.3.2.1.2.12.1.2.5 Jumlah Usaha/Kegiatan yang memiliki dokumen lingkungan (SPPL, UKL-UPL, DPLH, AMDAL/DELH)
1.3.2.1.2.12.1.2.6 Jumlah komunitas peduli lingkungan yang mendapatkan pembinaan
1.3.2.1.2.12.1.2.7 Jumlah Bank Sampah yang mendapatkan pembinaan
1.3.2.1.2.12.2 Optimalnya kewaspadaan masyarakat terhadap pencemaran dan / atau kerusakan lingkungan
1.3.2.1.2.12.2.1 Cakupan publikasi informasi peringatan Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup obyek
1.3.2.1.3 Meningkatnya kualitas ruang terbuka hijau
1.3.2.1.3.1 Persentase Ruang Terbuka Hijau (RTH) persen 10,30 11,70 10,30 11,70 13,10
Sasaran Kegiatan :
1.3.2.1.3.12.1 Optimalnya tata kelola Ruang Terbuka Hijau
1.3.2.1.3.12.1.1 Jumlah Ruang Terbuka Hijau yang terkelola dengan baik obyek
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.2.1.3.12.1.1 Terkelolanya Ruang Terbuka Hijau Publik
1.3.2.1.3.12.1.1.1 Jumlah Taman yang terkelola obyek 9 9 9 9 9
1.3.2.1.4 Meningkatnya ketaatan penanggung jawab usaha/kegiatan yang terhadap ketentuan perizinan lingkungan dan izin PPLH
1.3.2.1.4.1 Persentase penanggung jawab usaha/kegiatan yang taat terhadap izin lingkungan dan izin PPLH persen 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.3.2.1.4.12.1 Meningkatnya peran aktif penanggung jawab usaha/kegiatan menindaklanjuti hasil Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Usaha dan/atau Kegiatan yang Izin Lingkungan dan Izin PPLH
1.3.2.1.4.12.1.1 Jumlah penanggung jawab usaha/kegiatan yang telah memperoleh pembinaan perizinan lingkungan dan izin PPLH obyek
1.3.2.1.5 Meningkatnya peran serta lembaga dan individu dalam pengelolaan lingkungan hidup
1.3.2.1.5.1 Persentase lembaga kemasyarakatan yang beperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup persen 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.3.2.1.5.12.1 Meningkatnya kapasitas lembaga dan SDM bidang lingkungan hidup
1.3.2.1.5.12.1.1 Jumlah lembaga dan SDM bidang lingkungan hidup yang terampil dan berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup obyek
1.3.2.1.6 Meningkatnya kualitas perencanaan lingkungan hidup
1.3.2.1.6. Persentase perencanaan lingkungan hidup yang ditetapkan sesuai standar persen 100 100
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
12.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
12.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
12.2.1 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas
12.2.1.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.1 Meningkatnya Kualitas Perencanaan, Pengendalian dan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standar dan Tepat Waktu persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.1.1 Meningkatnya kualitas Perencanaan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.1.1.1 Jumlah Perubahan Renstra yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu
1.4.1.2.5.12.1.1.2 Jumlah Renja yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu
1.4.1.2.5.12.1.2 Meningkatnya Kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.1.2.1 Jumlah Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu
1.4.1.2.5.12.1.3 Meningkatnya Kualitas Rekomendasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Secara Berkala
1.4.1.2.5.12.1.3.1 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu
1.4.1.2.5.12.1.4 Meningkatnya Kualitas Laporan Kinerja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.1.4.1 Jumlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standat dan Tepat Waktu
1.4.1.2.5.12.1.4.2 Jumlah LPPD dan Laporan Urusan/ Fungsi Perangkat Daerah yang Tersusun sesuai Standar dan Tepat Waktu
1.4.1.2.5.12.2 Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.2.1 Persentase Penyampaian Laporan Keuangan Sesuai Standar dan Tepat Waktu persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.2.1 Terpenuhinya Gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.12.2.1.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji, Tunjangann dan Tambahan Penghasilan
1.4.1.2.5.12.2.2 Meningkatnya Tertib Administrasi Penatausahaan Keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.2.2.1 Jumlah SPM yang diterbitkan
1.4.1.2.5.12.2.3 Meningkatnya Kualitas Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun
1.4.1.2.5.12.2.3.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu
1.4.1.2.5.12.2.4 Meningkatnya Kualitas Laporan Keuangan Berkala
1.4.1.2.5.12.2.4.1 Jumlah Laporan Keuangan Berkala Sesuai Standar dan Tepat Waktu
1.4.1.2.5.12.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.3.1 Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.3.1 Meningkatnya Tertib Penatausanaan Barang Milik Daerah Pada SKPD
1.4.1.2.5.12.3.1.1 Jumlah administrasi barang daerah yang tersusun
1.4.1.2.5.12.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.4.1 Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.4.1 Terpenuhinya Kebutuhan Pakaian Dinas Pegawai
1.4.1.2.5.12.4.1.1 Jumlah Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya
1.4.1.2.5.12.4.2 Meningkatnya Displin Taat Jam Kerja Pegawai
1.4.1.2.5.12.4.2.1 Jumlah Laporan Ketaatan Jam Kerja Berbasis Elektronik
1.4.1.2.5.12.4.3 Meningkatnya Kompetensi Pegawai Pada Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.12.4.3.1 Jumlah Pegawai Yang Menyelesaikan Pelatihan
1.4.1.2.5.12.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.12.5.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.5.1 Terpenuhinya Kebutuhan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan
1.4.1.2.5.12.5.1.1 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia
1.4.1.2.5.12.5.2 Terpenuhinya Kebutuhan Alat Tulis Kantor
1.4.1.2.5.12.5.2.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia
1.4.1.2.5.12.5.3 Terpenuhinya Kebutuhan Alat Rumah Tangga
1.4.1.2.5.12.5.3.1 Jumlah Jenis Alat -Alat Rumah Tangga yang Tersedia
1.4.1.2.5.12.5.4 Terpenuhinya Kebutuhan Makan Minum
1.4.1.2.5.12.5.4.1 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia
1.4.1.2.5.12.5.5 Terpenuhinya Kebutuhan Cetak dan Penggandaan
1.4.1.2.5.12.5.5.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia
1.4.1.2.5.12.5.6 Terpenuhinya Kebutuhan Bahan Bacaan Koran dan Majalah
1.4.1.2.5.12.5.6.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan
1.4.1.2.5.12.5.7 Terpenuhinya Kebutuhan Koordinasi dan Konsultasi Dalam dan Luar Daerah
1.4.1.2.5.12.5.7.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah
1.4.1.2.5.12.5.7.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah
1.4.1.2.5.12.6 Optimalnya ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.12.6.1 Persentase ketersediaan Kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.6.1 Terpenuhinya Kebutuhan Mebeuleur Kantor
1.4.1.2.5.12.6.1.1 Jumlah Unit Mebeleur
1.4.1.2.5.12.6.2 Terpenuhinya Kebutuhan Peralatan dan Mesin
1.4.1.2.5.12.6.2.1 Jumlah Jenis Alat Kantor
1.4.1.2.5.12.7 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.12.7.1 Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.7.1 Meningkatnya Tertib Administrasi Ketatausahaan
1.4.1.2.5.12.7.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola
1.4.1.2.5.12.7.2 Terpenuhinya Kebutuhan Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
1.4.1.2.5.12.7.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi
1.4.1.2.5.12.7.3 Meningkatnya Kebersihan Gedung dan Halaman Kantor
1.4.1.2.5.12.7.3.1 Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih
1.4.1.2.5.12.8 Meningkatnya Kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.12.8.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.12.8.1 Tertibnya Perizinan Kendaraan Dinas dan Operasional
1.4.1.2.5.12.8.1.1 Jumlah Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin
1.4.1.2.5.12.8.2 Terjaminnya Kemanfaatan Kendaraan Dinas/Operasional
1.4.1.2.5.12.8.2.1 Jumlah Kendaraan Dinas yang terpelihara
1.4.1.2.5.12.8.3 Terjaminnya Kemanfaatan Peralatan dan Mesin Kantor
1.4.1.2.5.12.8.3.1 Jumlah Peralatan dan Mesin Kantor yang Terpelihara
1.4.1.2.5.12.8.4 Terjaminnya Kemanfaatan Gedung Kantor
1.4.1.2.5.12.8.4.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara