Tutup

RENSTRA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,57 2,6 2,7 2,8 3
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
14.1 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
14.1.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,57 2,6 2,7 2,8 3,0
14.1.2 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
14.1.1 Meningkatnya kapabilitas proses dan fungsi teknis pemerintahan berbasis elektronik
14.1.1.1 Tingkat Kematangan Kapabilitas Proses dan Fungsi Teknis SPBE predikat Terkelola - Informasi Rintisan - Transaksi Terkelola - Transaksi Terstandarisasi - Transaksi Terstandarisasi - Kolaborasi
Sasaran Program :
1.4.1.2.1 Meningkatnya kualitas layanan pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik
1.4.1.2.1.1 Persentase layanan pemerintahan dan layanan publik yang berbasis elektronik persen 48 50 51 58 64
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.1.14.1 Meningkatnya Kualitas Layanan Berbasis Teknologi Informasi
1.4.1.2.1.14.1.1 Jumlah Fungsi-fungsi Utama Pemerintahan dan Pelayanan Publik Yang Didukung TIK fungsi 57 60 61 80 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.1.14.1.1 Tersedianya kebijakan, tata kelola dan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik
1.4.1.2.1.14.1.1.1 Jumlah kebijakan, tata kelola dan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik dokumen 5 10 15 20 25
1.4.1.2.1.14.1.2 Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
1.4.1.2.1.14.1.2.1 Jumlah kapasitas Bandwidth yang tersedia Mbps 1,661 2,080 2,150 2,250 2,250
1.4.1.2.1.14.1.2.2 Jumlah Perangkat Daerah yang terlayani Pusat Data OPD 5 10 15 20 25
1.4.1.2.3 Meningkatnya Keamanan TIK Perangkat Daerah
1.4.1.2.3.1 Persentase TIK didukung keamanan informasi yang memadai persen 18 19 23 28 33
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.3.14.1 Membaiknya penerapan manajemen keamanan informasi
1.4.1.2.3.14.1.1 Jumlah area keamanan informasi yang tertangani area 1 2 3 3 4
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.3.14.1.1 Tersedianya kebijakan dan tata kelola keamanan informasi
1.4.1.2.3.14.1.1.1 Jumlah laporan Layanan Keamanan Informasi dokumen 0 0 1 1 1
14.1.2 Meningkatnya Kualitas Data Statistik Sektoral
14.1.2.1 Persentase Data Sektoral yang memenuhi standar data dan dapat diakses secara online persen 35 50 64 77 82
Sasaran Program :
1.4.1.2.2 Meningkatnya Kualitas Data Statistik Sektoral
1.4.1.2.2.1 Persentase data sektoral yang valid persen 40,37 66,38 70 77 92
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.2.14.1 Meningkatnya Tertib Pengelolaan Data Sektoral Perangkat Daerah
1.4.1.2.2.14.1.1 Jumlah Elemen Data Sektoral Yang dilengkapi standar data dan metadata elemen data 442 717 748 823 983
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.2.14.1.1 Meningkatnya Ketersediaan Data Sektoral
1.4.1.2.2.14.1.1.1 Jumlah Jenis Data Sektoral Yang telah dimutakhirkan jenis 442 717 748 823 983
1.4.1.2.2.14.1.2 Tersedianya sistem Informasi Satu Data
1.4.1.2.2.14.1.2.1 Jumlah Aplikasi Polman Satu Data Online aplikasi 1 1 1 1 1
14.1.3 Meningkatnya kualitas keterbukaan informasi publik
14.1.3.1 Predikat Keterbukaan Informasi Publik predikat Cukup Informatif Cukup Informatif Menuju Informatif Menuju Informatif Informatif
Sasaran Program :
1.4.1.2.4 Meningkatnya kualitas tata kelola informasi dan komunikasi perangkat daerah
1.4.1.2.4.1 Persentase Perangkat Daerah yang cukup informatif dan komunikatif persen 50 57 58 64 77
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.4.14.1 Meningkatnya kualitas media informasi publik perangkat daerah
1.4.1.2.4.14.1.1 Jumlah Perangkat Daerah yang tertib dalam pengelolaan website, e-ppid, lapor dan media sosial OPD 10 15 20 25 30
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.4.14.1.1 Optimalnya layanan informasi dan komunikasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah
1.4.1.2.4.14.1.1.1 Jumlah informasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang terpublikasi liputan 200 250 300 350 350
1.4.1.2.4.14.1.2 Optimalnya layanan informasi publik pemerintah daerah dan perangkat daerah
1.4.1.2.4.14.1.2.1 Jumlah Perangkat Daerah yang telah didukung layanan informasi Website, PPID dan Media Sosial OPD 10 28 28 44 44
1.4.1.2.4.14.1.3 Optimalnya layanan aspirasi dan pengaduan publik
1.4.1.2.4.14.1.3.1 Jumlah OPD yang terhubung dengan layanan aspirasi pengaduan dan online rakyat OPD 10 28 44 44 44
14.1.4 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas
14.1.4.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.14.2.1 Persentase penyampaian Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.2.1 Terpenuhinya gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.14.2.1.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji, Tunjangann dan Tambahan Penghasilan asn 28 28 28 28 28
1.4.1.2.5.14.2.2 Meningkatnya tertib administrasi penatausahaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.14.2.2.1 Jumlah SPM yang diterbitkan dokumen 480 480 480 480 480
1.4.1.2.5.14.2.3 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.14.2.3.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.14.2.4 Meningkatnya kualitas Laporan keuangan berkala
1.4.1.2.5.14.2.4.1 Jumlah Laporan Keuangan Berkala Sesuai standar dan Tepat Waktu dokumen 12 12 12 12 12
1.4.1.2.5.14.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.14.3.1 Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.3.1 Meningkatnya tertib penatausanaan Barang Milik Daerah Pada SKPD
1.4.1.2.5.14.3.1.1 Jumlah administrasi barang daerah yang tersusun dokumen 6 6 6 6 6
1.4.1.2.5.14.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.14.4.1 Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 80 85 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.4.1 Terpenuhinya kebutuhan pakaian dinas pegawai
1.4.1.2.5.14.4.1.1 Jumlah Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya Paket 0 0 2 0 0
1.4.1.2.5.14.4.2 Meningkatnya Displim Taat Jam Kerja Pegawai
1.4.1.2.5.14.4.2.1 Jumlah Laporan Ketaatan Jam Kerja berbasis elektronik dokumen 12 12 12 12 12
1.4.1.2.5.14.4.3 Meningkatnya Kompetensi Pegawai pada Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.14.4.3.1 Jumlah pegawai yang menyelesaikan pelatihan asn 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.14.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.14.5.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen 75 80 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.5.1 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.14.5.1.1 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.14.5.2 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.14.5.2.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 20 20 20 20 20
1.4.1.2.5.14.5.3 Terpenuhinya kebutuhan alat rumah tangga
1.4.1.2.5.14.5.3.1 Jumlah Jenis Alat -Alat Rumah Tangga yang Tersedia jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.14.5.4 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.14.5.4.1 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia jenis 24 24 24 24 24
1.4.1.2.5.14.5.5 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.14.5.5.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.14.5.6 Terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan koran dan majalah
1.4.1.2.5.14.5.6.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan jenis 24 24 24 24 24
1.4.1.2.5.14.5.7 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.14.5.7.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah dokumen 12 12 12 12 12
1.4.1.2.5.14.5.7.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah dokumen 12 12 12 12 12
1.4.1.2.5.14.6 Optimalnya ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.14.6.1 Persentase ketersediaan Kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen 77 77 77 80 80
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.6.1 Terpenuhinya kebutuhan mebeuleur kantor
1.4.1.2.5.14.6.1.1 Jumlah Unit mebeleur Paket 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.14.6.2 Terpenuhinya kebutuhan peralatan dan mesin
1.4.1.2.5.14.6.2.1 Jumlah Jenis Alat Kantor Paket 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.14.7 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.14.7.1 Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen 75 75 80 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.7.1 Meningkatnya tertib administrasi ketatausahaan
1.4.1.2.5.14.7.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat 100 1,000 1,000 1,000 1,000
1.4.1.2.5.14.7.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.14.7.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi Paket 12 12 12 12 12
1.4.1.2.5.14.7.3 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman kantor
1.4.1.2.5.14.7.3.1 Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih m2 175 175 175 175 175
1.4.1.2.5.14.8 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.14.8.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 77 77 77 80 80
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.14.8.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.14.8.1.1 Jumlah Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin unit 6 6 6 6 6
1.4.1.2.5.14.8.2 Terjaminnya kemanfaatan kendaraan dinas/ operasional
1.4.1.2.5.14.8.2.1 Jumlah Kendaraan Dinas yang terpelihara unit 6 6 6 6 6
1.4.1.2.5.14.8.3 Terjaminnya kemanfaatan peralatan dan mesin kantor
1.4.1.2.5.14.8.3.1 Jumlah Peralatan dan Mesin Kantor yang Terpelihara unit 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.14.8.4 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.14.8.4.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara m2 2,100 2,100 2,100 2,100 2,100