Tutup

RENSTRA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.2 Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia
1.1.2.1 Indeks Pembangunan Manusia angka 63,74 63,84 64,42 65,19 65,96
Sasaran RPJMD :
1.1.2.2 Meningkatnya Derajat Kesehatan
1.1.2.2.1 Angka Harapan Hidup (AHH) tahun 62,18 62,38 62,47 62,63 62,79
1.1.2.2.2 Prevalensi Stunting persen 24,16 21,6 20.1 16,6 17,1
Tujuan Renstra :
15.1 Meningkatnya Derajat Kesehatan
15.1.1 Angka Harapan Hidup angka 62,18 62,38 62,47 62,63 62,79
Sasaran Renstra :
15.1.1 Terkendalinya laju pertumbuhan penduduk
15.1.1.1 Persentase laju pertumbuhan penduduk persen 1,22 1,12 1,02 0,92 0,82
Sasaran Program :
1.1.2.2.5 Terkendalinya laju pertumbuhan penduduk
1.1.2.2.5.1 Persentase laju pertumbuhan penduduk persen 1,02 0,92 1,02 0,92 0,82
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.5.15.1 Terpadunya kebijakan pengendalian penduduk
1.1.2.2.5.15.1.2 Persentase Laju Pertumbuhan Penduduk persen 1.02% 0.92% 1.02% 0.92% 0.82%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.5.15.1.1 Meningkatnya Sekolah Siaga Kependudukan
1.1.2.2.5.15.1.1.1 Jumlah sekolah siaga kependudukan Sekolah 4 5 6 6 6
1.1.2.2.5.15.1.2 Meningkatnya Pemangku Kepentingan yang memahami Dampak Kependudukan Beserta Model Solusi Strategis sebagai peringatan Dini Dampak Kependudukan
1.1.2.2.5.15.1.2.1 Jumlah pemangku kepentingan yang memperoleh pemahaman Dampak Kependudukan Beserta Model Solusi Strategis sebagai peringatan Dini Dampak Kependudukan jenis 2 2 2 2 2
1.1.2.2.5.15.2 Terpetakannya Perkiraan Pengendalian Penduduk Cakupan Daerah
1.1.2.2.5.15.2.2 Jumlah Kampung KB desa/kel 10 10 10 10 10
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.5.15.2. Terbentuknya Rumah Data Kependudukan
1.1.2.2.5.15.2.1 Jumlah Rumah Data kepentudukan yang terbentuk desa/kel 10 10 10 10 10
1.1.2.2.5.15.2.2 Tersedianya Data dan Informasi Keluarga
1.1.2.2.5.15.2.2.2 Jumlah data dan informasi keluarga yang tersedia dokumen 2 2 2 2 2
15.1.2 Meningkatnya kapasitas keluarga sejahtera
15.1.2.1 Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) angka 80,99 84,27
Sasaran Program :
1.1.2.2.7 Meningkatnya kapasitas keluarga sejahtera
1.1.2.2.7.1 Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) angka 0 80,99 80,99 84,27 84,27
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.7.15.1 Meningkatnya Ketahanan Keluarga Sejahtera
1.1.2.2.7.15.1.1 Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) persen - 80.99% - 80.99% 84.27%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.7.15.1.1 Meningkatnya kapasitas teknis Kader Poktan
1.1.2.2.7.15.1.1.1 Jumlah Kader Poktan yang terlatih orang 100 100 100 100 100
15.1.3 Meningkatnya peserta KB aktif
15.1.3. Meningkatnya peserta KB aktif persen 77.63% 80.99% 77.63% 80.99% 84.27%
Sasaran Program :
1.1.2.2.6 Meningkatnya peserta KB aktif
1.1.2.2.6.1 Persentase peserta KB aktif persen 77,63 80,99 77,63 80,99 84,27
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.6.15.1 Meningkatnya kapasitas Kelompok KB
1.1.2.2.6.15.1.1 Persentase laju pertumbuhan penduduk persen 1.02% 0.92% 1.02% 0.92% 0.82%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.6.15.1.1 Meningkatnya kelompok KB yang memahami Program KKBPK sesuai Kearifan Budaya Lokal
1.1.2.2.6.15.1.1.1 Jumlah kelompok KB yang memperoleh pemahaman Program KKBPK sesuai Kearifan Budaya Lokal Kelompok 30 30 30 30 30
1.1.2.2.6.15.2 Optimalnya Balai Penyuluhan KB Kecamatan
1.1.2.2.6.15.2.1 Persentase peserta KB aktif persen 77.63% 80.99% 77.63% 80.99% 84.27%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.6.15.2.2 Meningkatnya kapasitas PKB/ PLKB dalam layanan program KKBPK
1.1.2.2.6.15.2.2.1 Jumlah sarana dan prasarana PKB/ PLKB yang digunakan dalam layanan program KKBPK jenis 5 5 5 5 5
1.1.2.2.6.15.3 Optimalnya penerimaan ALKON
1.1.2.2.6.15.3.1 Persentase peserta KB aktif persen 77.63% 80.99% 77.63% 80.99% 84.27%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.6.15.3.1 Meningkatnya Akseptor KB
1.1.2.2.6.15.3.1.1 Jumlah Akseptor KB yang terbina pasca pelayanan orang 45 50 50 50 50
1.1.2.2.6.15.3.3 Meningkat Akseptor KB
1.1.2.2.6.15.3.3.1 Jumlah Akseptor KB yang terbina pasca pelayanan orang 41 45 49 53 53
1.1.2.2.6.15.4 Meningtkatnya peran serta ORMAS dalam Pelayanan dan Pembinaan Kesertaan Ber-KB
1.1.2.2.6.15.4.1 Persentase peserta KB aktif persen 77.63% 80.99% 77.63% 80.99% 84.27%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.6.15.4.1 Meningkatnya Alat Kontrasepsi yang termanfaatkan terhadap PUS
1.1.2.2.6.15.4.1.2 Jumlah Jenis Alat Kontrasepsi yang termanfaatkan terhadap PUS orang 45 50 50 50 50
1.1.2.2.6.15.4.4 Meningkatnya Alat Kontrasepsi yang termanfaatkan terhadap PUS
1.1.2.2.6.15.4.4.1 Jumlah Jenis Alat Kontrasepsi yang termanfaatkan terhadap PUS jenis 7 7 7 7 7
1.1.2.3 Meningkatnya Kualitas Hidup Perempuan dan Anak
1.1.2.3.1 Indeks Pembangunan Gender angka 91,75 91,75 92,27 92,54 92,80
1.1.2.3.2 Predikat Kabupaten Layak Anak predikat Pratama Pratama Pratama Pratama Madya
Tujuan Renstra :
15.2 Meningkatnya Kualitas Hidup Perempuan dan Anak
15.2.1 Indeks Pembangunan Gender angka 91,75 91,75 92,2792,54 92,8 92,8
15.2.2 Predikat Kabupaten Layak Anak predikat Pratama Pratama Pratama Pratama Madya
Sasaran Renstra :
15.2.1 Meningkatnya keberdayaan perempuan
15.2.1.1 Indeks Pembangunan Gender (IPG) angka 90,02 92,02 92,27 92,54 92,8
Sasaran Program :
1.1.2.3.1 Meningkatnya keberdayaan perempuan
1.1.2.3.1.1 Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) angka 91,75 91,75 92,27 92,54 92,80
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.3.1.15.1 Meningkatnya responsivitas Perangkat Daerah terhadap pengarusutamaan Gender
1.1.2.3.1.15.1.1 Indeks Pembangunan Gender (IPG) persen 92.27 92.54 92.27 92.54 92.8
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.3.1.15.1.1 Tersedianya Kebijakan Pelaksanaan PUG
1.1.2.3.1.15.1.1.1 Jumlah Kebijakan Pelaksanaan PUG dokumen 1 1 1 1 1
1.1.2.3.1.15.1.2 Meningkatnya peran serta OPD dalam PPRG
1.1.2.3.1.15.1.2.2 Jumlah OPD yang aktif dalam PPRG OPD 10 10 10 10 10
1.1.2.3.1.15.2 Meningkatnya kapasitas lembaga pemberdayaan perempuan
1.1.2.3.1.15.2.1 Indeks Pembangunan Gender (IPG) persen 92.27 92.54 92.27 92.54 92.8
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.3.1.15.2.1 Meningkatnya kapasitas Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan
1.1.2.3.1.15.2.1.1 Jumlah lembaga penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan yang aktif Lembaga 1 1 1 1 1
1.1.2.3.2 Menurunnya tindak kekerasan pada perempuan
1.1.2.3.2.2 Rasio Kekerasan terhadap perempuan termasuk TPPO 100000 penduduk perempuan 0 92,54 92,54 92,80 92,80
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.3.2.15.1 Optimalnya keterlibatan lintas sektor dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan termasuk TPPO
1.1.2.3.2.15.1.1 Indeks Pembangunan Gender (IPG) persen - 92.54 - 92.54 92.8
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.3.2.15.1.1 Meningkatnya keterpaduan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan
1.1.2.3.2.15.1.1.1 Jumlah Kekerasan Perempuan termasuk TPPO yang memerlukan perlindungan tertangani secara terpadu Kasus 35 35 35 35 35
15.2.2 Meningkatnya kualitas pemenuhan hak anak
15.2.2.1 Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) predikat Pratama Pratama Pratama Pratama Madya
Sasaran Program :
1.1.2.3.3 Meningkatnya kualitas pemenuhan hak anak
1.1.2.3.3.1 Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) predikat Pratama Pratama Pratama Madya KLA
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.3.3.15.1 Meningkatnya kapasitas Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak
1.1.2.3.3.15.1.1 Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) predikat Pratama Madya Pratama Madya KLA
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.3.3.15.1.1 Tersedianya forum anak sebagai wadah peningkatan kualitas hidup anak
1.1.2.3.3.15.1.1. Jumlah Anak yang dilatih didalam kegiatan Forum Anak orang 100 100 100 100 100
1.1.2.3.3.15.1.2 Tersedianya pendampingan peningkatan kualitas hidup anak
1.1.2.3.3.15.1.2.2 Jumlah anak yang memperoleh pendampingan peningkatan kualitas hidup anak orang 35 35 35 35 35
1.1.2.3.3.15.1.3 Tersedianya pendampingan peningkatan kualitas hidup anak
1.1.2.3.3.15.1.3.3 Jumlah anak yang memperoleh pendampingan peningkatan kualitas hidup anak orang 35 35 35 35 35
1.1.2.3.4 Meningkatnya jaminan perlindungan khusus bagi anak korban kekerasan
1.1.2.3.4.1 Presentase Anak Korban Kekerasan yang ditangani Instansi terkait Kabupaten persen 0 80 92,80 92,80 93,10
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.3.4.15.1 Tersedianya layanan perlindungan khusus anak korban kekerasan
1.1.2.3.4.15.1.1 Presentase Anak Korban Kekerasan yang ditangani Instansi terkait Kabupaten persen - 80.00% - 80.00% 92.80%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.3.4.15.1.1 Tersedianya pendampingan anak yang memerlukan perlindungan khusus
1.1.2.3.4.15.1.1.1 Jumlah anak yang memerlukan perlindungan khusus telah memperoleh pendampingan orang 10 10 10 10 10
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
15.3 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
15.3.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
15.3.1 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas
15.3.1.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.1 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.15.1.1 Persentase Perangkat Daerah yang Menyampaikan Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 20 % 20 % 20 % 20 % 20 %
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.1.1 Meningkatnya tertib administrasi penatausahaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.15.1.1.1 Jumlah SPM yang diterbitkan dokumen 280 280 280 280 280
1.4.1.2.5.15.2 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.15.2.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini baik baik baik baik Sangat baik
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.2.2 Meningkatnya kualitas administrasi barang milik daerah
1.4.1.2.5.15.2.2.1 Jumlah dokumen barang milik daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 150 150 150 150 150
1.4.1.2.5.15.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.15.3.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini baik baik baik baik Sangat baik
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.3.3 Meningkatnya tertib administrasi kepegawaian
1.4.1.2.5.15.3.3.3 Jumlah jenis administrasi kepegawaian yang terkelola dengan tertib jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.15.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.15.4.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini Baik Baik Baik Baik Sangat baik
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.4.4 Terpenuhinya Administrasi Umum kantor
1.4.1.2.5.15.4.4.4 Jumlah jenis kebutuhan rutin umum kantor yang terkelola dengan tertib jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.15.5 Optimalnya ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.15.5.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini Baik Baik Baik Baik Sangat baik
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.5.5 Meningkatnya kualitas administrasi barang milik daerah
1.4.1.2.5.15.5.5.5 Jumlah jenis administrasi BMD yang kualitasnya terkelola dengan baik jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.15.6 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.15.6.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini Baik Baik Baik Baik Sangat baik
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.6.6 Terpenuhinya Sarana dan Prasarana Kantor
1.4.1.2.5.15.6.6.6 Jumlah jenis sarana dan prasarana kantor yang disediakan jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.15.7 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.15.7.1 Indeks Kepuasan Pelayanan Manajemen Perkantoran opini Baik Baik Baik Baik Sangat baik
1.4.1.2.5.15.8 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Satuan Kerja
1.4.1.2.5.15.8.1 Predikat SAKIP rata rata perangkat daerah predikat B B B B BB
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.15.8.8 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan akuntabilitas kinerja perangkat Daerah
1.4.1.2.5.15.8.8.8 Jumlah Laporan akuntabilitas kinerna PD yang disusun laporan 1 1 1 1 1