Tutup

RENSTRA DINAS PEMUDA, OLAH RAGA DAN PARIWISATA

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.1 Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat
1.1.1.1 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat BB BB BB BB A
1.1.1.2 Persentase Tertib Keuangan Pengelolaan Keuangan dan Aset Perangkat Daerah persen 93.33% 95.56% 93.33% 95.56% 97.78%
1.1.1.3 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Perangkat Daerah predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran RPJMD :
1.1.1.2 Berkurangnya pengangguran
1.1.1.2.1 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) persen 3,19 3,15 3,05 3 2,95
Tujuan Renstra :
17.1 Berkurangnya pengangguran
17.1.1 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) persen 62,18 62,38 62,47 62,63 62,79
Sasaran Renstra :
17.1.1 Meningkatnya kualitas kepemudaan dan jiwa kewirausahaan pemuda
17.1.1.1 Jumlah Pemuda Pelopor pemuda 75 75 75 75 75
17.1.1.2 Jumlah Pemuda Wirausaha pemuda 20 22 25 28 30
Sasaran Program :
1.1.1.2.3 Meningkatnya kapasitas daya saing kepemudaan
1.1.1.2.3.1 Jumlah Pemuda Pelopor pemuda 75,41 75 75 75 75
1.1.1.2.3.2 Jumlah Pemuda Wirausaha pemuda 20 22 25 28 30
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.2.3.17.1 Meningkatnya Kapasitas Kepemudaan
1.1.1.2.3.17.1.1 Jumlah Pemuda Pelopor pemuda 75 75 75 75 75
1.1.1.2.3.17.1.2 Jumlah Pemuda Wirausaha pemuda 20 20 20 20 20
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.2.3.17.1.1 Meningkatnya Kapasitas Pemuda Wirausaha
1.1.1.2.3.17.1.1. Jumlah Pemuda yang Terampil Berwirausaha pemuda 75 75 75 75 75
1.1.1.2.3.17.1.1.1 Jumlah Pemuda Pelopor pemuda 75 75 75 75 75
1.1.1.2.3.17.1.1.2 Jumlah Pemuda Wirausaha pemuda 20 20 20 20 20
1.1.1.2.3.17.1.2 Meningkatnya Kapasitas Pemuda Pelopor
1.1.1.2.3.17.1.2.2 Jumlah Pemuda Pengibar Benderah Merah Putih pemuda 75 75 75 75 75
1.1.2 Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia
1.1.2.1 Indeks Pembangunan Manusia angka 63,74 63,84 64,42 65,19 65,96
Sasaran RPJMD :
1.1.2.2 Meningkatnya Derajat Kesehatan
1.1.2.2.1 Angka Harapan Hidup (AHH) tahun 62,18 62,38 62,47 62,63 62,79
1.1.2.2.2 Prevalensi Stunting persen 24,16 21,6 20.1 16,6 17,1
Tujuan Renstra :
17.2 Meningkatnya Prestasi Olah Raga Daerah
17.2.1 Persentase Cabang Olah Raga yang menuai prestasi persen
Sasaran Renstra :
17.2.1 Meningkatnya Prestasi Olah Raga Daerah
17.2.1.1 Persentase Cabang Olah Raga yang menuai prestasi persen 40 orang 45 orang 50 orang 55 orang 60 orang
Sasaran Program :
1.1.2.2.8 Meningkatnya daya saing atlet
1.1.2.2.8.1 Jumlah atlet berprestasi atlet 50 55 50 55 60
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.8.17.1 Meningkatnya Kapasitas Kelompok/ Komuitas Olahraga yang Dibina dan Kembangkan
1.1.2.2.8.17.1.1 Jumlah Kelompok/ Komunitas Olahraga yang Berkembang club 25 30 30 35 35
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.8.17.1.1 Tersedianya Dukungan Sarana Prasarana Olahraga Bagi Klub Olahraga
1.1.2.2.8.17.1.1.1 Jumlah Klub Olahraga yang Memperoleh Dukungan Sarana dan Prasarana Olahraga club 0 0 0 0 0
1.1.2.2.8.17.2 Meningkatnya Ajang Kejuaraan Olahraga Tingkat Daerah Kab/Kota
1.1.2.2.8.17.2.1 Jumlah Ajang Kejuaraan Olahraga Tingkat Daerah Kab/Kota Tim 3 4 4 4 5
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.8.17.2.2 Meningkatnya Ajang Kejuaraan dan Pekan Olahraga Tingkat Kab/Kota
1.1.2.2.8.17.2.2. Jumlah Kejuaraan dan Pekan Olahraga Tingkat Kab/Kota event 0 0 0 0 0
1.1.2.2.8.17.3 Meningkatnya Kapasitas Kelembagaan Olahraga
1.1.2.2.8.17.3.1 Jumlah Lembaga Olahraga yang Berkembang jenis 11 11 11 11 11
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.8.17.3.3 Meningkatnya Kualitas Sarana Prasarana Sport Center
1.1.2.2.8.17.3.3.1 Jumlah Jenis Sarana Prasarana Sport Center dalam Kondisi Baik unit 0 0 0 0 0
1.2 Memperkuat Kemandirian Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan Wilayah
Tujuan RPJMD :
1.2.1 Meningkatnya Perekonomian Daerah Berbasis Sektor Unggulan
1.2.1.1 Persentase Pertumbuhan Ekonomi persen 7,36 -1,56 3 4 5
Sasaran RPJMD :
1.2.1.4 Meningkatnya Kunjungan Wisatawan
1.2.1.4.1 Jumlah Wisatawan orang 450,968 264,473 300,000 400,000 500,000
Tujuan Renstra :
17.3 Meningkatnya Kunjungan Wisatawan
17.3.1 Jumlah Wisatawan orang 450,968 264,473 300 400 500
Sasaran Renstra :
17.3.1 Meningkatnya Kunjungan Wisatawan
17.3.1.1 Jumlah Wisatawan orang 450,968 264,473 300 400 500
Sasaran Program :
1.2.1.4.1 Meningkatnya even promosi wisata
1.2.1.4.1.1 Persentase Pameran/ Even Promosi Wisata yang terpenuhi atau disarankan Persentase potensi wisata yang telah dipromosikan persen 0 50 0 75 100
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.4.1.17.2 Meningkatnya Kualitas Destinasi Wisata
1.2.1.4.1.17.2.2 Jumlah Destinasi Wisata yang Berkembang event 10 10 12 12 12
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.4.1.17.2.1 optimalnya Sarana Prasarana Wisata
1.2.1.4.1.17.2.1.1 Jumlah Sarana Prasarana Wisata yang Terkelola dengan Baik unit 0 0 0 0 0
1.2.1.4.1.17.3 Meningkatnya Fasilitas pada Objek Wisata
1.2.1.4.1.17.3.1 Jumlah Fasilitas pada Objek wisata event 10 10 12 12 12
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.4.1.17.3.2 Meningkatnya Ketersediaan Sarana Prasarana Pariwisata
1.2.1.4.1.17.3.2.2 Jumlah Jenis Sarana Prasarana Pariwisata dalam Kondisi Baik unit 0 0 0 0 0
1.2.1.4.2 Meningkatnya kapasitas destinasi wisata
1.2.1.4.2.1 Jumlah destinasi wisata obyek 95 97 95 97 100
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.4.2.17.1 Meningkatnya Potensi Wisata yang Dipromosikan
1.2.1.4.2.17.1.1 Jumlah Potensi Wisata yang Dipromosikan event 10 10 12 12 12
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.4.2.17.1.1 Meningkatnya Ajang Wisata Lokal
1.2.1.4.2.17.1.1.1 Jumlah Ajang Wisata Lokal yang Berkembang event 0 0 0 0 0
1.2.1.4.2.17.1.2 Meningkatnya Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif dan Komunitas Pelaku Usaha Pariwisata
1.2.1.4.2.17.1.2.1 Jumlah Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif dan Komunitas Pelaku Usaha Pariwisata yang Berkembang event 0 0 0 0 0
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
17.4 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
17.4.1 Indeks Kepuasan Masyarakat persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
17.4.1 Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan perangkat daerah
17.4.1.1 Predikat SAKIP Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.1 Meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.17.1. Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 8 8 8 8 8
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.1.1 Meningkatnya kualitas Perencanaan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.1.1.1 Jumlah Perubahan Renstra yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.17.1.2 Jumlah Renja yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.17.1.2 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.1.2. Jumlah Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.17.1.3 Meningkatnya kualitas Laporan kinerja perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.1.3. Jumlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standat dan Tepat Waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.17.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.17.2. Persentase penyampaian Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 2 2 2 2 2
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.2. Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.17.2.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.17.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.3. Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.4. Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.4.1 Terpenuhinya kebutuhan pakaian dinas pegawai
1.4.1.2.5.17.4.1. Jumlah Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya unit 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.17.4.2 Meningkatnya Kompetensi Pegawai pada Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.17.4.2. Jumlah pegawai yang menyelesaikan pelatihan orang 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.17.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.17.5. Persentase Tertib Administasi Umum Kantor
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.5.1 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.17.5.1. Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.17.5.2 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.17.5.2. Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 28 28 30 30 30
1.4.1.2.5.17.5.3 Terpenuhinya kebutuhan alat rumah tangga
1.4.1.2.5.17.5.3. Jumlah Jenis Alat -Alat Rumah Tangga yang Tersedia jenis 5 5 6 6 7
1.4.1.2.5.17.5.4 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.17.5.4. Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.17.5.5 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.17.5.5. Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.17.5.6 Terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan koran dan majalah
1.4.1.2.5.17.5.6. Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.17.5.7 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.17.5.7.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah dokumen 30 31 31 32 32
1.4.1.2.5.17.5.7.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah dokumen 55 55 56 56 57
1.4.1.2.5.17.6 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.17.6. Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur predikat
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.6.1 Meningkatnya tertib administrasi ketatausahaan
1.4.1.2.5.17.6.1. Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat 110 110 110 110 110
1.4.1.2.5.17.6.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.17.6.2. Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi Paket 4 4 5 5 5
1.4.1.2.5.17.6.3 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman kantor
1.4.1.2.5.17.6.3. Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih m2
1.4.1.2.5.17.7 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.17.7. Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.17.7. Terpenuhinya kebutuhan mebeuleur kantor
1.4.1.2.5.17.7.. Jumlah Unit mebeleur Paket 1 1 2 2 2
1.4.1.2.5.17.7.1 Terjaminnya kemanfaatan kendaraan dinas/ operasional
1.4.1.2.5.17.7.1. Jumlah Kendaraan Dinas yang terpelihara unit 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.17.7.2 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.17.7.2. Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara m2