Tutup

RENSTRA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN KOPERASI DAN UMKM

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.2 Memperkuat Kemandirian Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan Wilayah
Tujuan RPJMD :
1.2.1 Meningkatnya Perekonomian Daerah Berbasis Sektor Unggulan
1.2.1.1 Persentase Pertumbuhan Ekonomi persen 7,36 -1,56 3 4 5
Sasaran RPJMD :
1.2.1.2 Meningkatnya Peran Sektor Perdagangan Besar dan Eceran serta Industri Pengolahan
1.2.1.2.1 Persentase Kontribusi Sektor Industri Pengolahan Terhadap PDRB persen 7,35 0,04 4 5 6
1.2.1.2.2 Persentase Kontribusi Sektor Perdagangan Besar dan Eceran Terhadap PDRB persen 4,80 -2,45 4 5 5
Tujuan Renstra :
21.1 Meningkatnya Perekonomian Daerah Berbasis Sektor Unggulan
21.1.1 Persentase Pertumbuhan Ekonomi persen 7,36 -1,56 3 4 5
Sasaran Renstra :
21.1.1 Meningkatnya Peran Sektor Industri Pengolahan dalam pertumbuhan ekonomi
21.1.1.1 Persentase Kontribusi Sektor Industri Pengolahan Terhadap PDRB persen 7,35 0,04 4 5 6
Sasaran Program :
1.2.1.2.1 Meningkatnya pertumbuhan industri mikro, kecil dan menengah
1.2.1.2.1.1 Persentase Pertumbuhan Industri Mikro persen 2 2 2 2 2
1.2.1.2.1.2 Persentase Pertumbuhan Industri Kecil persen 1 1 1 1 1
1.2.1.2.1.3 Persentase Pertumbuhan Industri Menengah persen 1 1 1 1 1
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.2.1.21.1 Meningkatnya produktivitas, kualitas dan daya saing produk IKM
1.2.1.2.1.21.1.1 Persentase Jumlah IKM yang dievaluasi persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.1.21.1.1 Terwujudnya koordinasi kebijakan pengembangan industri berbasis komoditi lokal
1.2.1.2.1.21.1.1.1 Jumlah kelompok IKM yang mampu meningkatkan daya saing produk Kelompok 717 812 956 6 6
1.2.1.2.1.21.1.2 Tersedianya produk olahan makanan dan minuman yang berdaya saing
1.2.1.2.1.21.1.2.1 Jumlah kelompok IKM yang mampu meningkatkan produk olahan makanan dan minuman Kelompok 222 249 292 322 372
1.2.1.2.1.21.1.3 Tersedianya Sarana dan Prasarana Pengembangan Industri Kecil dan menengah
1.2.1.2.1.21.1.3.1 Jumlah dan jenis Sarana dan Prasarana Industri yang terbangun Paket 12 10 10 10 12
1.2.1.2.1.21.1.4 Meningkatnya kualitas SDM Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah non makanan dan minuman
1.2.1.2.1.21.1.4. Jumlah kelompok IKM non makanan dan minuman yang mampu meningkatkan daya saing produk Kelompok 10 10 10 10 10
1.2.1.2.1.21.1.5 Meningkatnya kualitas SDM Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah makanan dan minuman
1.2.1.2.1.21.1.5.1 Jumlah kelompok IKM makanan dan minuman yang mampu meningkatkan berdaya saing produk Kelompok 2 20 20 20 20
21.1.2 Meningkatnya kontribusi sektor perdagangan besar dan eceran dalam pertumbuhan ekonomi
21.1.2.1 Persentase Kontribusi Sektor Perdagangan Besar dan Eceran Terhadap PDRB persen 4,80 -2,45 4 5 5
Sasaran Program :
1.2.1.2.2 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana Pasar
1.2.1.2.2.1 Persentase pasar yang MARASA persen 18 18 18 18 18
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.2.2.21.1 Meningkatnya kualitas fisik Sarana Distribusi Perdagangan yang dibangun/ Direvitalisasi
1.2.1.2.2.21.1.1 Jumlah Sarana Distribusi Perdagangan yang disediakan unit 5 52 25 25
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.2.21.1.1 Meningkatnya ketersediaan sarana distribusi perdagangan
1.2.1.2.2.21.1.1.1 Jumlah sarana ditribusi perdagangan yang disediakan unit 5 12 25 25
1.2.1.2.2.21.2 Meningkatnya kualitas manajemen sarana distribusi perdagangan yang direvitalisasi
1.2.1.2.2.21.2.1 Jumlah pedagang pasar yang ditingkatkan kapasitas kompetensinya orang 3 5 48 1 2
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.2.21.2.1 Meningkatknya kapasitas manajemen pengelola pasar
1.2.1.2.2.21.2.1.1 Jumlah pasar yang dikembangkan kapasitas manajemennya Lokasi 3 5 10 1 2
1.2.1.2.5 Meningkatnya jaminan perlindungan produk terhadap konsumen
1.2.1.2.5.1 Persentase produk yang telah memenuhi standar persen 48 65 48 65 75
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.2.5.21.1 Meningkatnya penyelesaian kasus perlindungan konsumen
1.2.1.2.5.21.1.1 Persentase pelaksanaan Metrologi Legal dan penanganan kasus persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.5.21.1.1 Alat UTTP dan barang beredar yang tidak berstandar (netto, Label)
1.2.1.2.5.21.1.1.1 Jumlah alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya yang ditera/tera ulang unit 1,000 1,500 1,500 2,000 2,000
1.2.1.2.5.21.1.2 Memberikan pelayanan kepada Pemilik UTTP dalam rangka perlindungan konsumen dan memberikan kepastian hukum
1.2.1.2.5.21.1.2.1 Jumlah pengawasan barang dan jasa yang dilakukan jenis 194 200 50 100 175
1.2.1.2.5.21.1.3 Meningkatnya Persentase Penanganan Perlindungan Konsumen yang dilayani
1.2.1.2.5.21.1.3.1 Persentase penanganan Perlindungan Konsumen yang dilayani Aduan 120 100 50 100 100
21.1.3 Meningkatnya kemandirian dan akuntabilitas koperas
21.1.3.1 Persentase koperasi yang aktif dan sehat persen 4,13 4,13 4,13 8,26 8,26
Sasaran Program :
1.2.1.2.3 Meningkatnya kualitas koperasi
1.2.1.2.3.1 Persentase Koperasi Aktif persen 4,13 8,26 4,13 8,26 8,26
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.2.3.21.1 Meningkatnya jumlah koperasi aktif dan sehat
1.2.1.2.3.21.1.1 Jumlah koperasi aktif dan sehat Kelompok 18 22 25 30 35
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.3.21.1.1 Meningkatnya koperasi aktif dan sehat
1.2.1.2.3.21.1.1.1 Jumlah koperasi aktif dan sehat Kelompok 18 22 25 30 35
21.1.4 Meningkatnya kapasitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
21.1.4.1 Persentase Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang terstandarisasi dan memiliki legalitas usaha persen 0,013 0,013 0,013 0,013 0,019
Sasaran Program :
1.2.1.2.4 Meningkatnya Standarisasi Usaha Mikro
1.2.1.2.4.1 Persentase Usaha Mikro yang Terstandarisasi persen 0,013 0,013 0,013 0,013 0,019
Sasaran Kegiatan :
1.2.1.2.4.21.1 Meningkatnya UMKM Usaha Mikro yang terstandarisasi
1.2.1.2.4.21.1.1 Persentase usaha mikro yang terstandarisasi persen 0.01 0.01 0.01 0.01 0.02
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.2.1.2.4.21.1.1 Meningkatnya jumlah Usaha Mikro yang telah mendapatkan Perizinan
1.2.1.2.4.21.1.1.1 Jumlah Usaha Mikro yang telah mendapatkan Perizinan Kelompok 5 10 10 10 15
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
21.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
21.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
21.2.1 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas
21.2.1. Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.1 Meningkatnya persentase pelaporan Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu
1.4.1.2.5.21.1.1 Persentase pelaporan Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.1.1 Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah yang sesuai standar dan tepat waktu
1.4.1.2.5.21.1.1.1 Jumlah Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.21.1.2 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.21.1.2.1 Jumlah dokumen RKA-SKPD dan Laporan hasil koordinasi penyusunan dokumen RKA-SKPD dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.21.1.3 Meningkatnya kualitas Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD
1.4.1.2.5.21.1.3.1 Jumlah rekomendasi hasil monitoring dan evaluasi pelaporan kinerja yang tersusun sesuai stadar dan tepat waktu laporan 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.21.1.4 Meningkatnya kualitas laporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.21.1.4.1 Jumlah laporan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah laporan 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.21.2 Meningkatnya kualitas administrasi keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.21.2.1 Persentase penyampaian SPM sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.2.1 Terpenuhinya gaji, tunjangan dan Tambahan Penghasilan ASN
1.4.1.2.5.21.2.1.1 Jumlah orang yang menerima gaji dan tunjangan ASN orang 37 38 42 38 43
1.4.1.2.5.21.2.2 Meningkatnya kualitas Laporan Keuangan Akhir Tahun
1.4.1.2.5.21.2.2.1 Jumlah laporan keuangan akhir tahun SKPD dan laporan hasil koordinasi penyusunan laporan keuangan akhir tahun SKPD laporan 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.21.3 Meningkatnya tertib administrasi barang milik daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.21.3.1 Persentase tertib Perangkat Daerah persen 80 85 95 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.3.1 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.21.3.1.1 Jumlah paket barang cetakan dan penggandaan yang disediakan jenis 4 4 5 5 6
1.4.1.2.5.21.3.2 Terpenuhinya Komponen Instalasi Listrik/ penerangan Bangunan Kantor
1.4.1.2.5.21.3.2.1 Jumlah Paket Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor yang Disediakan jenis 5 8 10 10 15
1.4.1.2.5.21.3.3 Terpenuhinya kebutuhan peralatan dan perlengkapan kantor
1.4.1.2.5.21.3.3.1 Jumlah peralatan dan perlengkapan kantor jenis 15 18 25 25 25
1.4.1.2.5.21.3.4 Terpenuhinya bahan bacaan dan perundang-undangan
1.4.1.2.5.21.3.4.1 Jumlah dokumen bahan bacaan dan perundang-undangan dokumen 3 3 4 3 3
1.4.1.2.5.21.3.5 Terpenuhinya kebutuhan paket bahan logistik
1.4.1.2.5.21.3.5.1 Jumlah paket bahan logistik kantor yang disediakan jenis 6 6 10 10 10
1.4.1.2.5.21.3.6 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.21.3.6.1 Jumlah laporan penyelenggaraan rapat laporan 37 65 87 82 85
1.4.1.2.5.21.4 Meningkatnya ketersediaan jasa penunjang urusan Pemerintah daerah
1.4.1.2.5.21.4.1 Persentase Ketersediaan jasa penunjang urusan Pemerintah daerah persen 95 98 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.4.1 Meningkatnya tertib Persuratan
1.4.1.2.5.21.4.1.1 Jumlah laporan penyediaan jasa surat menyurat laporan 1,000 1,100 1,100 1,100 1,100
1.4.1.2.5.21.4.2 Terpenuhinya kebutuhan jasa komunikasi, sumberdaya air & listrik
1.4.1.2.5.21.4.2.1 Jumlah laporan penyediaan jasa komunikasi, sumberdaya air & listrik yang disediakan laporan 9 9 9 11 11
1.4.1.2.5.21.4.3 Terpenuhinya Jasa Pelayanan umum kantor
1.4.1.2.5.21.4.3.3 Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih (M2) m2 750 750 750 750 750
1.4.1.2.5.21.5 Meningkatnya kemanfaatan barang milik daerah penunjang urusan Pemda
1.4.1.2.5.21.5.1 Persentase pemeliharaan barang milik daerah pada perangkat Daerah persen 45 50 52 55 65
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.5.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.21.5.1.1 Jumlah kendaraan yang dilengkapi Surat Izin unit 15 15 15 15 15
1.4.1.2.5.21.5.2 Terjaminnya kemanfaatan peralatan dan mesin kantor
1.4.1.2.5.21.5.2.1 Jumlah unit peralatan gedung kantor yang terpelihara unit 13 13 18 27 27
1.4.1.2.5.21.5.3 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.21.5.3.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara m2 160 192 192 220 220
1.4.1.2.5.21.6 Meningkatnya tertib administrasi kepegawaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.21.6.1 Persentase administrasi kepegawaian yang tetap persen 95 98 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.6.1 Terpenuhinya kebutuhan pakaian dinas pegawai
1.4.1.2.5.21.6.1.1 Jumlah paket pakaian dinas beserta atribut kelengkapannya Paket 42 0 0 0 43
1.4.1.2.5.21.6.2 Meningkatnya kompetensi pegawai pada perangkat daerah
1.4.1.2.5.21.6.2.1 jumlah orang yang mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi peraturan perundang-undangan orang 3 1 0 0 0
1.4.1.2.5.21.7 Terpenuhinya kebutuhan peralatan penunjang urusan pemerintah daerah
1.4.1.2.5.21.7.1 Persentase kartu inventaris barang milik daerah yang diperbaharui persen 90 95 98 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.21.7.1 Terpenuhinya kebutuhan meubeler kantor
1.4.1.2.5.21.7.1. Jumlah Meubeler yang tersedia unit 0 0 0 0 15