Tutup

RENSTRA BADAN KEUANGAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
1.4.1.1.1 Predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat BB BB BB A A
1.4.1.1.2 Opini Pengelolaan Keuangan opini WTP WTP WTP WTP WTP
1.4.1.1.3 Tingkat maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) angka 3,308 3,038 3,114 3,152 3,152
Tujuan Renstra :
24.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
24.1.1 Opini Pengelolaan Keuangan predikat WTP WTP WTP WTP WTP
Sasaran Renstra :
24.1.1 Meningkatnya Tertib Tata Kelola keuangan daerah
24.1.1.1 Persentase tertib penganggaran persen 85 87 88 89 90
24.1.1.2 Persentase tertib perbendaharaan persen 92 93 94 95 96
24.1.1.3 Persentase tertib barang daerah persen 92,44 94,06 95,67 97,28 98,89
24.1.1.4 Persentase tertib akuntansi dan pelaporan keuangan persen 100 100 100 100 100
Sasaran Program :
1.4.1.1.3 meningkatnya kualitas penganggaran, perbendaharaan serta akuntansi dan pelaporan
1.4.1.1.3.1 Persentase penganggaran yang tersusun tepat waktu persen 66,67 66,67 66,67 66,67 77,78
1.4.1.1.3.2 Persentase pencairan belanja tepat waktu persen 83 83 83 85 87
1.4.1.1.3.3 Persentase laporan keuangan daerah yang disampaikan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.1.3.24.1 Meningkatnya Kualitas Penganggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
1.4.1.1.3.24.1.1 Persentase Perangkat Daerah yang menyampaikan dokumen penganggaran sesuai standar dan tepat waktu persen 88.89 91.11 93.33 95.56 97.78
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.3.24.1.1 Meningkatnya kualitas Perubahan KUA dan Perubahan PPAS
1.4.1.1.3.24.1.1.1 Jumlah Perubahan KUA dan Perubahan PPAS yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.2 Meningkatnya kualitas RKA / Perubahan RKA SKPD dan DPA / Perubahan DPA SKPD
1.4.1.1.3.24.1.2.1 Jumlah Dokumen RKA/RKA-P dan DPA/DPA-P yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.3 Meningkatnya kualitas APBD
1.4.1.1.3.24.1.3.1 Jumlah Rancangan Perda/Perbup Tentang APBD yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.4 Meningkatnya kualitas KUA dan PPAS
1.4.1.1.3.24.1.4.1 Jumlah KUA dan PPAS yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.5 Meningkatnya kualitas Perubahan APBD
1.4.1.1.3.24.1.5.1 Jumlah Rancangan Perda/Perbup Tentang Perubahan APBD yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.6 Meningkatnya kualitas Standar Satuan Harga dan Optimalnya kemanfaatan aplikasi Keuangan
1.4.1.1.3.24.1.6.1 Jumlah Regulasi Standar Satuan Harga yang Tersusun sesuai standar dan prosedur dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.1.6.2 Jumlah Perangkat Daerah yang Memanfaatkan Aplikasi E-Budgeting SKPD 45 45 45 45 45
1.4.1.1.3.24.2 Meningkatnya Tertib Penatausahaan Keuangan Daerah
1.4.1.1.3.24.2.1 Persentase administrasi pencairan belanja sesuai standar tepat waktu persen 83 83 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.3.24.2.1 Meningkatnya tertib Kas Daerah
1.4.1.1.3.24.2.1. Jumlah Laporan Kas Daerah sesuai standar dan prosedur laporan 48 48 48 48 48
1.4.1.1.3.24.2.2 Meningkatnya tertib Dana Transfer
1.4.1.1.3.24.2.2. Jumlah Jenis Dana Transfer yang di Kelola sesuai standar dan prosedur jenis 60 60 60 60 60
1.4.1.1.3.24.2.3 Meningkatnya tertib Gaji Perangkat Daerah dan tertib Administrasi SP2D
1.4.1.1.3.24.2.3.1 Jumlah Daftar Gaji Perangkat Daerah yang diterbitkan sesuai standar dan tepat waktu dokumen 658 658 658 658 658
1.4.1.1.3.24.2.3.2 Jumlah SP2D yang diterbitkan sesuai standar dan prosedur jenis 12,800 12,800 12,800 12,800 12,800
1.4.1.1.3.24.2.4 Meningkatnya Tertib SPM
1.4.1.1.3.24.2.4.5 Jumlah Rekomendasi SPM yang diterbitkan sesuai standar dan tepat waktu orang 12,800 12,800 12,800 12,800 12,800
1.4.1.1.3.24.2.5 Meningkatnya Kapasitas Pejabat Penatausahaan Keuangan Daerah
1.4.1.1.3.24.2.5.1 Jumlah Pejabat Pengelola Keuangan yang Mendapatkan Penguatan Kompetensi Pengelolaan Keuangan Daerah orang 45 45 45 45 45
1.4.1.1.3.24.3 Meningkatnya Kualitas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah
1.4.1.1.3.24.3.1 Persentase laporan keuangan perangkat daerah yang disampaikan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.3.24.3.1 Meningkatnya Kualitas Pertanggungjawaban Keuangan
1.4.1.1.3.24.3.1.1 Jumlah Rancangan Perda Pertanggung-Jawaban Pelaksanaan APBD yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktuJumlah Rancangan Perda Pertanggung-Jawaban Pelaksanaan APBD yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.3.2 Meningkatnya Kualitas Laporan Keuangan Tahunan
1.4.1.1.3.24.3.2.1 Jumlah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.1.3.24.3.3 Meningkatnya Tertib Laporan Berkala Keuangan Daerah
1.4.1.1.3.24.3.3.1 Jumlah Laporan Keuangan Berkala Kabupaten yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu laporan 17 17 17 17 17
1.4.1.1.3.24.3.4 Meningkatnya Tertib Akuntansi Keuangan Daerah
1.4.1.1.3.24.3.4.4 Jumlah dokumen akuntansi keuangan daerah diterbitkan sesuai standar dan tepat waktuJumlah dokumen akuntansi keuangan daerah diterbitkan sesuai standar dan tepat waktuv dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.3.24.3.5 Tertibnya Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
1.4.1.1.3.24.3.5.5 Jumlah Berita Acara Rekonsiliasi keuangan sesuai standar dan tepat waktu angka 195 195 195 195 195
1.4.1.1.3.24.3.6 Meningkatnya Kapasitas Pejabat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
1.4.1.1.3.24.3.6.6 Jumlah Pejabat Akuntansi dan Pelaporan yang Mendapatkan Penguatan Kapasitas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan orang 50 50 50 50 50
1.4.1.1.4 Meningkatnya Kualitas Manajemen Aset Daerah
1.4.1.1.4.1 Persentase pengelolaan BMD sesuai Standar persen 97,78 97,79 97,78 97,78 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.1.4.24.1 Meningkatnya Kualitas Tata Kelola BMD
1.4.1.1.4.24.1.1 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola BMD persen 88.89 91.11 93.33 95.56 97.78
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.4.24.1.1 Meningkatnya tertib administrasi Penggunaan, Pemanfaatan, pemindahtangan dan Pengamanan Aset BMD
1.4.1.1.4.24.1.1.1 Jumlah Laporan Penggunaan, Pemanfaatan, Pemindahtanganan, dan Pengamanan BMD sesuai standar dan tepat waktu laporan 3 3 3 3 3
1.4.1.1.4.24.1.2 Meningkatnya tertib admnistrasi penilaian Barang Milik Daerah
1.4.1.1.4.24.1.2.1 Jumlah Barang Milik Daerah yang dilengkapi administrasi penilaian sesuai standar dan tepat waktu unit 60 90 85 75 75
1.4.1.1.4.24.1.3 Meningkatnya tertib administrasi Pemusnahan dan Penghapusan Aset dan penjualan Barang Milik Daerah
1.4.1.1.4.24.1.3.1 Jumlah Laporan Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Daerah yang dilengkapi administrasi Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Daerah sesuai standar dan prosedur laporan 2 2 2 2 2
1.4.1.1.4.24.1.3.2 Jumlah Laporan Penjualan Barang Milik Daerah yang dilengkapi adminsitrasi Penjualan Barang Milik Daerah sesuai standar dan prosedur laporan 60 90 85 75 75
1.4.1.1.4.24.1.4 Meningkatnya Kualitas Perencanaan Barang Milik Daerah
1.4.1.1.4.24.1.4.4 Jumlah Dokumen Perencanaan Barang Milik Daerah sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.4.24.1.5 Meningkatnya kualitas administrasi BMD
1.4.1.1.4.24.1.5.5 Jumlah Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi Aset/ Barang Milik Daerah sesuai standar dan tepat waktu laporan 1 1 1 1 1
1.4.1.1.4.24.1.6 Meningkatnya Kualitas Laporan Barang Milik Daerah
1.4.1.1.4.24.1.6.6 Jumlah Laporan Barang Milik Daerah sesuai standar dan tepat waktu laporan 2 2 2 2 2
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
24.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
24.2.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Badan predikat Baik Baik Baik Baik Baik
Sasaran Renstra :
24.2.1 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Badan
24.2.1.1 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat A A A A A
24.2.1.2 Persentase tertib pengelolaan keuangan dan aset perangkat daerah persen 90 92 93,33 95,56 97,78
24.2.1.3 Indeks kepuasan pengguna pelayanan publik perangkat daerah predikat Baik Baik Baik Baik Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.1 Meningkatnya Kualitas Perencanaan, Pengendalian dan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.24.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 85 90 95 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.1.1 Meningkatnya kualitas Perubahan Renstra Perangkat Daerah dan Kualitas Renja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.24.1.1.1 Jumlah Dokumen Perubahan Renstra yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.24.1.1.2 Jumlah Dokumen Renja yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.24.1.2 Meningkatnya kualitas Dokumen Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.24.1.2. Jumlah dokumen Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.24.1.3 Meningkatnya kualitas monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala
1.4.1.2.5.24.1.3.1 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 8 8 8 8 8
1.4.1.2.5.24.1.4 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan akuntabilitas kinerja perangkat Daerahdan Kualitas Penyusunan LPPD dan Laporan Pertanggungjawaban Bupati pada perangkat Daerah
1.4.1.2.5.24.1.4.1 Jumlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standar dan Tepat Waktu laporan 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.24.1.4.2 Jumlah LPPD dan Laporan Pertanggungjawaban Bupati pada Perangkat Daerah yang Tersusun sesuai Standar dan Tepat Waktu laporan 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.24.2 Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.24.2.1 Persentase penyampaian Laporan Keuangan Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 95 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.2.1 Terpenuhinya Gaji dan Tunjangan ASN, Tambahan Penghasilan ASN, Iuran BPJS PTT, dan Aparat Desa
1.4.1.2.5.24.2.1. Jumlah ASN yang dibayarkan Gaji dan Tunjangannya orang 42 42 42 42 42
1.4.1.2.5.24.2.1.2 Jumlah Jenis Tambahan Penghasilan PNS jenis 0 2 2 2 2
1.4.1.2.5.24.2.1.3 Jumlah PTT dan Aparat Desa yang Dibayarkan Iuran BPJS-nya orang 4,086 4,086 4,086 4,086 4,086
1.4.1.2.5.24.2.2 Meningkatnya tertib administrasi penatausahaan keuangan perangkat daerah dan Penatausaahn Hibah dan Bantuan Sosial
1.4.1.2.5.24.2.2.1 Jumlah SPM yang diterbitkan jenis 400 400 400 400 400
1.4.1.2.5.24.2.2.2 Jumlah Jenis Dokumen Hibah dan Bantuan Sosial yang diterbitkan jenis 11 2 2 2 2
1.4.1.2.5.24.2.3 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun dan Kualitas Administrasi barang milik daerah
1.4.1.2.5.24.2.3.1 Jumlah Dokumen Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.24.2.3.2 Jumlah Dokumen Barang Milik Daerah yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.24.2.4 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan berkala
1.4.1.2.5.24.2.4. Jumlah Dokumen Laporan Keuangan Berkala Sesuai standar dan Tepat Waktu dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.24.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.24.3.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen 95 95 95 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.3.1 Terpenuhinya Kebutuhan Cetak dan Penggadaan
1.4.1.2.5.24.3.1.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggadaan yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.24.3.2 Terpenuhinya Kebutuhan Bahan Bacaan Koran dan Majalah
1.4.1.2.5.24.3.2.2 Jumlah Jenis Bahan Bacaan Peraturan Perundang-Undangan predikat 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.24.3.3 Terpenuhinya Kebutuhan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah dan Kebutuhan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah
1.4.1.2.5.24.3.3.1 Jumlah Laporan koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah 15 15 15 15 15
1.4.1.2.5.24.3.3.2 Jumlah Laporan koordinasi dan Konsultasi luar Daerah 75 75 75 75 75
1.4.1.2.5.24.3.4 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.24.3.4.4 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan yang Tersedia jenis 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.24.3.5 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.24.3.5. Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 39 39 39 39 39
1.4.1.2.5.24.3.6 Terpenuhinya kebutuhan alat rumah tangga
1.4.1.2.5.24.3.6.6 Jumlah Jenis Alat -Alat Rumah Tangga yang Tersedia jenis 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.24.3.7 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.24.3.7.7 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.24.4 Optimalnya Ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.24.4.1 Persentase ketersediaan Kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen 75 80 80 85 85
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.4.1 Terpenuhinya Kebutuhan Mebeuleur kantor
1.4.1.2.5.24.4.1.1 Jumlah Unit Mebeleur unit 10 10 10 10 10
1.4.1.2.5.24.4.2 Terpenuhinya Kebutuhan Alat Kantor dan Perlengkapan Gedung Kantor dan Kebutuhan Komputer
1.4.1.2.5.24.4.2.1 Jumlah Jenis Alat Kantor unit 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.24.4.2.2 Jumlah Unit Komputer PC/ Notebook unit 5 5 5 5 5
1.4.1.2.5.24.5 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.24.5.1 Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen 95 95 95 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.5.1 Meningkatnya tertib persuratan dan tertib administrasi kepegawaian
1.4.1.2.5.24.5.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar yang Terkelola surat 3,500 3,500 3,500 3,500 3,500
1.4.1.2.5.24.5.1.2 Jumlah Jenis Administrasi Kepegawaian yang Terkelola jenis 8 8 8 8 8
1.4.1.2.5.24.5.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik serta terpenuhinya kebutuhan layanan informasi
1.4.1.2.5.24.5.2. Jumlah Jenis Kebutuhan Komunikasi yang Terpenuhi jenis 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.24.5.3 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman kantor
1.4.1.2.5.24.5.3.1 Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih m2 1,100 1,100 1,100 1,100 1,100
1.4.1.2.5.24.6 Meningkatnya Kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.24.6.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 90 90 95 95 95
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.24.6.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.24.6.1. Jumlah Unit Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin unit 13 13 13 13 13
1.4.1.2.5.24.6.2 Terjaminnya Kemanfaatan Kendaraan dinas/ operasional
1.4.1.2.5.24.6.2.1 Jumlah Unit Kendaraan Dinas yang terpelihara unit 13 13 13 13 13
1.4.1.2.5.24.6.3 Terjaminnya kemanfaatan peralatan dan mesin kantor
1.4.1.2.5.24.6.3.1 Jumlah Unit Peralatan dan Mesin Kantor yang Terpelihara unit 30 30 30 30 30
1.4.1.2.5.24.6.4 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.24.6.4.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara m2 1,100 1,100 1,100 1,100 1,100