Tutup

RENSTRA DINAS PERUMAHAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.1 Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat
1.1.1.1 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat BB BB BB BB A
1.1.1.2 Persentase Tertib Keuangan Pengelolaan Keuangan dan Aset Perangkat Daerah persen 93.33% 95.56% 93.33% 95.56% 97.78%
1.1.1.3 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Perangkat Daerah predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran RPJMD :
1.1.1.1 Meningkatnya ketahanan Sosial
1.1.1.1.1 Indeks Sosial angka 31,32 35,8 40,29 44,78 49,27
Tujuan Renstra :
7.1 Meningkatnya ketahanan Sosial
7.1.1 Indeks Sosial angka 31,32 35,8 40,29 44,78 49,27
Sasaran Renstra :
7.1.1 Meningkatnya kualitas rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah
7.1.1.1 Persentase Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memiliki rumah layak huni persen 82,10 83,84 80,13 80,36 80,36
Sasaran Program :
1.1.1.1.4 Berkurangnya rumah tidak layak huni
1.1.1.1.4.1 Persentase Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tertangani persen 82,10 82,75 83,40 80,13 80,36
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.4.7.1 Tersedianya rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan rendah
1.1.1.1.4.7.1.1 Jumlah Masyarakat Berpenghasilan Rendah yang menerima perbaikan rumah tidak layak huni KK 831 1,100 399 216 290
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.4.7.1.1 Tertanganinya rumah tidak layak huni
1.1.1.1.4.7.1.1.1 Jumlah Rumah Tidak Layak Huni yang tertangani rumah 831 1,100 399 216 290
1.3 Mengembangkan Infrastruktur Berkualitas dan Terintegrasi serta Berwawasan Lingkungan
Tujuan RPJMD :
1.3.1 Meningkatnya Kualitas Infrastruktur
1.3.1.1 Indeks infrastruktur angka 75,41 82,51 83,55 85,55 87,55
Sasaran RPJMD :
1.3.1.1 Meningkatnya Kualitas Infrastruktur
1.3.1.1.1 Indeks infrastruktur angka 75,41 82,51 83,55 85,55 87,55
Tujuan Renstra :
7.2 Meningkatnya Kualitas Infrastruktur Permukiman
7.2.1 Indeks infrastruktur Permukiman angka 67,48 70,12 71,88 73,59 75,30
Sasaran Renstra :
7.2.1 Meningkatnya kawasan permukiman yang layak
7.2.1.1 Luas Permukiman yang Layak persen 99,972 99,988 99,988 99,988 99,990
Sasaran Program :
1.3.1.1.9 Berkurangnya kawasan kumuh
1.3.1.1.9.1 Luas kawasan kumuh ha 25,82 21,32 25,82 21,32 11,32
Sasaran Kegiatan :
1.3.1.1.9.7.1 Tersedianya Rencana Pengembangan kawasan Perumahan dan kawasan Permukiman
1.3.1.1.9.7.1. Jumlah Dokumen Perencanaan Kawasan Permukiman dokumen 0 0 1 1 1
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.1.1.9.7.1.1 Tersedianya Rencana Pengembangan kawasan Perumahan dan kawasan Permukiman
1.3.1.1.9.7.1.1.1 Jumlah Dokumen Rencana Kawasan Permukiman dokumen 0 0 1 1 1
1.3.1.1.9.7.2 Berkurangnya kawasan permukiman kumuh
1.3.1.1.9.7.2.1 Luas Kawasan Permukiman kumuh yang tertangani ha 12,5 2,2 14,0 1,8 0,74
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.1.1.9.7.2.1 Meningkatnya kualitas PSU dikawasan kumuh
1.3.1.1.9.7.2.1.1 Luas PSU yang tertangani pada kawasan permukiman kumuh ha 12,5 2,2 0,02 0,0037 1,6
1.3.1.1.10 Meningkatnya kualitas perumahan formal
1.3.1.1.10.1 Persentase perumahan formal yang memiliki Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) baik persen 17,70 20,70 17,70 20,70 23,70
Sasaran Kegiatan :
1.3.1.1.10.7.1 Terbangunnya PSU di Perumahan Formal
1.3.1.1.10.7.1.1 Jumlah PSU yang terbangun di Perumahan Formal PSU 1 0 3 3 3
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.1.1.10.7.1.1 Tersedianya Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum di Perumahan untuk Menunjang Fungsi Hunian
1.3.1.1.10.7.1.1.1 Jumlah hunian Rusunawa Kamar 25 50 57 60 114
1.3.1.1.10.7.1.1.2 Jumlah Perumahan Formal bersubsidi yang memiliki PSU yang memadai Perumahan 1 0 3 3 3
1.3.1.1.10.7.1.2 Meningkatnya keterpaduan PSU di Perumahan Formal
1.3.1.1.10.7.1.2.1 Jumlah rekomendasi hasil koordinasi dan sinkronisasi dalam rangka penyediaan PSU dokumen 1 1 1 1 1
1.3.1.1.11 Meningkatnya pemenuhan SPM Bidang Perumahan Rakyat
1.3.1.1.11.1 Persentase Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Perumahan Rakyat yang terpenuhi persen 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.3.1.1.11.7.1 Terbangunnya rumah bagi masyarakat korban bencana dan rumah yang direhabilitasi
1.3.1.1.11.7.1.1 Jumlah masyarakat korban bencana yang menerima rehabilitasi rumah KK 0 0 4 4 4
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.3.1.1.11.7.1.1 Terbangunnya rumah bagi masyarakat korban bencana dan relokasi
1.3.1.1.11.7.1.1.1 Jumlah rumah yang terbangun/direhabilitasi rumah 0 0 0 4 6
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
7.3 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
7.3.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
7.3.1 Meningkatnya tertib tata kelola pertanahan pemerintah daerah
7.3.1.1 Persentase aset tanah yang sudah bersertifikat persen 22,89 41,88 60,63 79,19 100
Sasaran Program :
1.4.1.2.31 Meningkatnya tertib aset tanah pemerintah daerah
1.4.1.2.31.1 Persentase aset tanah yang sudah bersertifikat persen 60,63 79,19 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.31.7.1 Terpenuhi kebutuhan tanah untuk pembangunan
1.4.1.2.31.7.1.1 Luas Kebutuhan Tanah yang direncanakan untuk pembangunan ha 678,677645 680,127045 685,911045 690,752145 697,252145
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.31.7.1.1 Tersedianya tanah untuk pembangunan
1.4.1.2.31.7.1.1.1 Luas Tanah yang disiapkan untuk pembangunan ha 678,677645 685,911045 690,752145 697,252145 700,252145
1.4.1.2.31.7.1.1.2 Jumlah tanah yang terdata Paket 1,131 1,202 1,360 1,361 1,365
1.4.1.2.31.7.1.2 Meningkatnya tertib administrasi tanah pemda
1.4.1.2.31.7.1.2.1 Jumlah Tanah yang bersertifikat Sertifikat 306 524 554 604 669
1.4.1.2.31.7.1.2.2 Jumlah Sengketa Tanah yang terselesaikan sengketa 5 10 5 5 5
7.3.2 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas
7.3.2.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.1 Meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.7.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 80 85 90 95 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.1.1 Meningkatnya kualitas Perencanaan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.7.1.1.1 Jumlah Perubahan Renstra yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 0 0 1 0 0
1.4.1.2.5.7.1.1.2 Jumlah Renja yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.7.1.2 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.7.1.2.1 Jumlah Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.7.1.3 Meningkatnya kualitas rekomendasi monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala
1.4.1.2.5.7.1.3.1 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.7.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.7.2.1 Persentase penyampaian Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.2.1 Terpenuhinya gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.7.2.1.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji, Tunjangann dan Tambahan Penghasilan asn 28 28 29 30 32
1.4.1.2.5.7.2.2 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.7.2.2.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.7.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.7.3.1 Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah persen 93,33 95,56 95,56 97,78 100
1.4.1.2.5.7.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.7.4.1 Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 90 95 100 100 100
1.4.1.2.5.7.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.7.5.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen 80 85 90 95 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.5.1 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.7.5.1.1 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.7.5.2 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.7.5.2.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 40 42 44 44 45
1.4.1.2.5.7.5.3 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.7.5.3.1 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.7.5.4 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.7.5.4.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.7.5.5 Terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan koran dan majalah
1.4.1.2.5.7.5.5.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan jenis 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.7.5.6 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.7.5.6.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah dokumen 32 34 36 38 40
1.4.1.2.5.7.5.6.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah dokumen 23 24 24 25 25
1.4.1.2.5.7.6 Optimalnya ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.7.6.1 Persentase ketersediaan Kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen 72 73 75 77 80
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.6.1 Terpenuhinya kebutuhan peralatan dan mesin
1.4.1.2.5.7.6.2 Terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana gedung kantor atau bangunan lainnya
1.4.1.2.5.7.6.2.1 Jumlah jenis sarana dan prasarana gedung kantor atau bangunan lainnya Paket 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.7.7 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.7.7.1 Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen 75 80 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.7.1 Meningkatnya tertib administrasi ketatausahaan
1.4.1.2.5.7.7.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat 365 375 385 395 410
1.4.1.2.5.7.7.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.7.7.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi Paket 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.7.7.3 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman kantor
1.4.1.2.5.7.7.3.1 Luas Gedung dan Halaman Kantor Kondisi Bersih m2 1,200 1,200 1,200 1,200 1,200
1.4.1.2.5.7.8 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.7.8.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 72 75 77 80 85
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.7.8.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.7.8.2 Terjaminnya kemanfaatan kendaraan dinas/ operasional
1.4.1.2.5.7.8.2.1 Jumlah Kendaraan Dinas yang terpelihara unit 17 18 18 18 18
1.4.1.2.5.7.8.3 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.7.8.3.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara m2 1,200 1,200 1,200 1,200 1,200
1.4.1.2.5.7.8.4 Terjaminnya kemanfaatan peralatan dan mesin kantor