Tutup

RENSTRA DINAS SOSIAL

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.1 Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat
1.1.1.1 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat BB BB BB BB A
1.1.1.2 Persentase Tertib Keuangan Pengelolaan Keuangan dan Aset Perangkat Daerah persen 93.33% 95.56% 93.33% 95.56% 97.78%
1.1.1.3 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Perangkat Daerah predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran RPJMD :
1.1.1.1 Meningkatnya ketahanan Sosial
1.1.1.1.1 Indeks Sosial angka 31,32 35,8 40,29 44,78 49,27
Tujuan Renstra :
8.1 Meningkatnya ketahanan Sosial
8.1.1 Indeks Ketahanan Sosial angka 31,32 35,8 40,29 44,78 49,27
Sasaran Renstra :
8.1.1 Meningkatnya ketahanan sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
8.1.1.1 Persentase PMKS yang memiliki ketahanan sosial persen 26 13 12 33 36
Sasaran Program :
1.1.1.1.1 Meningkatnya kapasitas PMKS sasaran sebagai bekal kemandirian
1.1.1.1.1.1 Persentase PMKS yang tertangani dalam pelayanan rehabilitasi sosial persen 25,56 26,94 30,56 33 36
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.1.8.1 Tersedianya layanan Assesment dan Advokasi sosial lanjutan bagi PMKS Rentan
1.1.1.1.1.8.1.1 Jumlah PMKS di luar Panti yang menerima Pelayanan Sosial orang 50 50 50 50 50
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.1.8.1.1 Terpenuhinya kebutuhan dasar permakanan bagi anak di Luar Panti Asuhan
1.1.1.1.1.8.1.1.1 Jumlah PMKS luar Panti yang mendapatkan Penyediaan Permakanan orang 42 25 40 10 50
1.1.1.1.1.8.1.2 Tersedianya pelatihan keterampilan kecakapan hidup bagi PMKS luar Panti
1.1.1.1.1.8.1.2.1 Jumlah PMKS di Luar Panti yg ditangani dalam Pelayanan Sosial orang 50 0 55 15 50
1.1.1.1.1.8.2 Meningkatnya kemampuan dasar kecakapan hidup PMKS Luar Panti
1.1.1.1.1.8.2.1 Persentasi PMKS luar Panti yang memiliki kemampuan dasar kecakapan hidup persen 100 0 100 100 100
8.1.2 Meningkatnya ketahanan sosial masyarakat miskin potensial
8.1.2.1 Persentase masyarakat miskin potensi yang memiliki ketahanan sosial persen 21 21 21 21 21
Sasaran Program :
1.1.1.1.2 Meningkatnya Keberdayaan PSKS, Kelembagaan Sosial dan PMKS Potensial
1.1.1.1.2.1 Persentase masyarakat miskin potensi yang berdaya persen 21 21 21 21 21
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.2.8.1 Terlaksananya penyaluran bantuan stimulan
1.1.1.1.2.8.1. Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan. orang 510 0 90 50 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.2.8.1.1 tersedianya fasilitas pemberdayaan sosial bagi Komunitas Adat Terpencil
1.1.1.1.2.8.1.1. Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan orang 510 0 90 50 100
1.1.1.1.2.8.1.2 Terlaksananya usaha kesejahteraan sosial bagi Keluarga Miskin Potensial
1.1.1.1.2.8.1.2. Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan. KK 100 97 97 97 97
1.1.1.1.2.8.2 Meningkatnya kesejahteraan Sosial Komunitas Adat Terpencil
1.1.1.1.2.8.2. Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan KK 100 97 97 97 97
8.1.3 Meningkatnya ketahanan sosial PMKS Non Potensial dan Masyarakat Korban Bencana
8.1.3.1 Persentase PMKS Non Potensial dan Masyarakat Korban Bencana yang memiliki ketahanan sosial persen 71 71 71,43 71,43 71,43
Sasaran Program :
1.1.1.1.3 Meningkatnya Kualitas Jaminan Sosial bagi PMKS Non Potensial dan Perlindungan Sosial bagi Masyarakat Korban Bencana
1.1.1.1.3.1 Persentase masyarakat miskin penerima penjaminan sosial persen 71,43 71,43 71,43 71,43 71,43
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.3.8.1 Tersedianya Data Kesejahteraan Sosial yang valid
1.1.1.1.3.8.1.1 Jumlah Data Rumah Tangga dengan tingkat kesejahteraan sosial rendah yang valid KK 64,000 74,740 74,740 74,740 74,740
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.3.8.1.1 Meningkatnya validitas Data bagi Penerima Bantuan Sosial
1.1.1.1.3.8.1.1.1 Jumlah data Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial KK 64,352 64,178 74,740 74,740 74,740
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 71 75 81
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2.57 3.3 3.5 3.7 3.9
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
8.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
8.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
8.2.1 Meningkatnya kualtias tata kelola taman makam pahlawan
8.2.1.1 Persentase kesiapan TMP dalam layanan kegiatan peringatn hari-hari besar nasional persen 100 100 100 100 100
8.2.2 Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan perangkat daerah
8.2.2.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.1 Meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.8.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.1.1 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.1.1.1 Jumlah Perubahan RKA yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.1.2 Meningkatnya kualitas Rekomendasi monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala
1.4.1.2.5.8.1.2.1 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.1.3 Meningkatnya kualitas Laporan kinerja perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.1.3.1 Jumlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standat dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.8.2.2 Persentase penyampaian Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.2.1 Terpenuhinya gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.8.2.1.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji, Tunjangann dan Tambahan Penghasilan dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.2.2 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.8.2.2.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.3.3 "Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah" persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.3.1 Meningkatnya tertib penatausanaan Barang Milik Daerah Pada SKPD
1.4.1.2.5.8.3.1.1 Jumlah administrasi barang daerah yang tersusun dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.4 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.4.1 Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 80 90 90 100 100
1.4.1.2.5.8.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.8.5.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.5.1 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.8.5.1.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 28 33 38 38 38
1.4.1.2.5.8.5.2 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.8.5.2.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.8.5.3 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.8.5.3.1 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia jenis 5 7 7 7 7
1.4.1.2.5.8.5.4 Terpenuhinya kebutuhan peralatan kantor
1.4.1.2.5.8.5.4.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 30 33 33 33 33
1.4.1.2.5.8.5.5 Terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan koran dan majalah
1.4.1.2.5.8.5.5.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan jenis 36 36 36 36 36
1.4.1.2.5.8.5.6 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.8.5.6.1 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia Paket 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.8.5.7 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.8.5.7.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah kali 34 32 32 34 34
1.4.1.2.5.8.5.7.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah kali 44 44 49 50 50
1.4.1.2.5.8.6 Optimalnya ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.8.6.1 Persentase ketersediaan Kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen 80 90 90 100 100
1.4.1.2.5.8.7 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.8.7.1 Persentase ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.7.1 Meningkatnya tertib administrasi ketatausahaan
1.4.1.2.5.8.7.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat 800 1,000 1,000 1,000 1,000
1.4.1.2.5.8.7.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.8.7.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi jenis 5 5 8 8 8
1.4.1.2.5.8.7.3 Terpenuhinya kebutuhan jasa Peralatan dan perlengkapan kantor
1.4.1.2.5.8.7.3.1 Jumlah Jenis Jasa Peralatan Perlengkapan kantor yang Tersedia jenis 10 12 15 18 18
1.4.1.2.5.8.7.4 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman dan pelayanan administrasi kantor
1.4.1.2.5.8.7.4.1 jumlah tenaga administrasi yang diupah orang 12 14 20 20 20
1.4.1.2.5.8.8 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.8.8.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 80 90 90 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.8.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.8.8.1.1 Jumlah Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin unit 10 10 10 10 10
1.4.1.2.5.8.8.2 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.8.8.2.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara unit 2 2 2 2 2
1.4.1.2.21 Meningkatnya kualtias tata kelola taman makam pahlawan
1.4.1.2.21.1 Persentase kesiapan TMP dalam layanan kegiatan peringatn hari-hari besar nasional persen 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.21.8.1 Optimalnya fungsi Taman Makam Pahlawan
1.4.1.2.21.8.1.1 Jumlah Taman Makam Pahlawan yg dikelola unit 2 2 2 2 2
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.21.8.1.1 Meningkatnya Kualitas Sarana dan sarana penunjang kegiatan peringatan hari besar nasional dilaksanakan
1.4.1.2.21.8.1.1.1 Jumlah Taman Makam Pahlawan yg dikelola unit 2 2 2 2 2